welcome to silvy's page all .. enjoy it ! (febrina silvy armatika dewi 4EA01 npm 12211785)

Sabtu, 29 Oktober 2011

MANUSIA DAN HARAPAN


BAB 11
MANUSIA DAN HARAPAN
a.PENGERTIAN HARAPAN
Harapan merupakan suatu keinginan , angan-angan , ataupun kerinduan seseorang akan sesuatu . Manusia yang tanpa harapan , bagai mati didalam kehidupan , ataupun bagai tak punya arah dikehidupannya .
Harapan tersebut pun tergantung pada pengetahuan , pengalaman , lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing individu . Misalnya si Dodi yang hanya mampu membeli handphone esia tidak mempunyai harapan untuk mmbeli handphone blackberry . Seseorang yang mempunyai harapan berlebihan tentu hanya akan menjadi bahan tertawaan saja karena seperti peribahasa bagai pungguk merindukan bulan .
Berhasil atau tidaknya harapan tergantung pada pribadi masing-masing orang , apakah ia akan bekerja keras meraih harapannya tersebut , atau justru ia hanya mempunyai harapan tanpa melakukan sesuatu untuk meraihnya .
Harapan harus disertai dengan rasa kepercayaan , baik kepercayaan terhadap diri sendiri maupun terhadap Tuhan Yang Maha Esa . Untuk dapat meraih harapan pun manusia harus disertai berdoa , karena dengan berdoa dan usaha yang sungguh-sungguh niscaya harapan tersebut akan terwujud .
Harapan berasal dari kata harap yang memiliki pengertian keinginan sesuatu agar terjadi , sehingga dapat kita ketahui bahwa harapan berkaitan dengan masa depan .
Contoh :
1.      Silvy mahasiswa Universitas Gunadarma , ia rajin belajar dan tak pernah mau ketinggalan catatan dengan harapan didalam ujian akhir semester mendapat IPK >3
2.      Sesha murid SMA Tugu Ibu , ia rajn belajar serta rutin mengikuti bimbingan belajar dengan harapan didalam ujian SNMPTN ia dapat lulus masuk universitas negeri

Dari kedua contoh diatas , apa yang diharapkan Silvy dan Sesha ialah terjadinya buah keinginan , karena itu mereka bekerja keras . Keduanya itu dengan berlandas pada suatu keyakinan demi terwujudnya apa yang mereka harapkan maka mereka bekerja keras . Jadi untuk mewujudkan harapan itu harus disertai dengan usaha yang sesuai dengan apa yang di harapkannya .

b.apa sebab manusia mempunyai harapan ?
Menurut kodratnya manusia merupakan makhluk sosial . Tidak ada satu manusiapun yang luput dari pergaulan hidup . Ada dua hal yang mendorong orang hidup bergaul dengan manusia lain yakni :
1.      Dorongan Kodrat
Kodrat ialah sifat , keadaan atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak lahir karena memang sudah ada sejak manusia itu diciptakan Tuhan Yang Maha Esa . Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan seperti menangis , tertawa , bergembira , dsb .
2.      Dorongan Kebutuhan Hidup
Manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan hidup . Kebutuhan hidup secara garis besar dibedakan menjadi 2 , yaitu : kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani . Kebutuhan jasmani seperti : makanan , minuman , pakaian , rumah (sandang , pangan , papan) , ketenangan , hiburan dan keberhasilan . Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia tentu harus bekerja sama satu dengan lainnya . Pada hakekatnya harapan itu merupakan keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya .
Menurut Abraham Maslow  sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu ialah :
*      Kelangsungan hidup (survival)
*      Keamanan (safety)
*      Hak dan kewajiban untuk mncintai dan dicintai (be loving and love)
*      Diakui lingkungan (status)
*      Perwujudan cita-cita (self actualization)

c.kepercayaan dan kebenaran
Kepercayaan berasal dari kata percaya yang memiliki arti mengakui atau meyakini akan kebenaran . Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran .
Kebenaran atau benar amat penting untuk manusia . Setiap orang mendambakannya , karena ia mempunyai arti khusus bagi hidupnya . Ia merupakan focus dari segala pikiran , sikap dan perasaan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar